Selamat datang di Blog Karya Islami

Yaa Allah, Guide me all the way to Your Jannah...

Senin, 07 Februari 2011

Pohon Beringin dan Pohon Durian



Saya teringat sebuah kisah yang diceritakan oleh Pak Zainuddin MZ. Mungkin anda sudah pernah mendengarnya. Tapi tak mengapa, jika saya mencoba mengingatkan kembali di sini.

Suatu ketika, ada seorang pemuda yang sedang istirahat di bawah pohon beringin. Sambil tiduran, dia merenung dan berkata,

"Heran, Allah itu tidak adil. Masa' pohon beringin yang besar ini buahnya kecil-kecil.", katanya dalam hati.
"Sedangkan durian, yang kecil pohonnya, tapi kok besar buahnya...", protes dia dalam hati.

Tiba-tiba sebutir buah pohon beringin jatuh menimpa kepalanya. Tuk...!!
Iapun kaget dari lamunannya., tiba-tiba dia beristighfar, meminta ampun pada Allah atas tuduhannya bahwa Allah tidak adil.
Sahabatku, tahukah anda penyebab pemuda itu sadar akan kesalahannya? Ya, dia membayangkan jika saja pohon beringin itu memiliki buah seperti durian, pastilah kepalanya hancur tertimpa buahnya. ^_^
****

Sahabatku, saya yakin terkadang terbersit di pikiran kita bahwa Allah itu tak adil. Mengapa nasib saya begini? Mengapa dia dapat ini? Sedangkan saya tidak?? Pernah bukan terbersit pikiran ini?

Maka, segeralah kita mohon ampun kepada Allah, seperti kisah pemuda di atas. Cuma, terkadang memang kita belum mengetahui dan belum paham hikmah dan maksud keadilan Allah atas segala kejadian dan penciptaan-Nya tersebut. Ah... tapi itu wajar saya kira. Karena kita hanya makhluk, yang memiliki keterbatasan dalam otak kita. Sedangkan Dia, Sang Kholik, Penguasa segalanya, Allah Yang Maha Adil...

Ya Allah, bimbinglah kami agar bisa memahami hikmah dan maksud-Mu ketika memberi musibah pada kami... Jangan biarkan kami menjadi orang yang suka mengeluh dan mempertanyakan keputusan-Mu. Aamiin...

Sumber: http://www.nowilkirin.blogspot.com/ (dengan beberapa pengubahan)

1 komentar: