Selamat datang di Blog Karya Islami

Yaa Allah, Guide me all the way to Your Jannah...

Kamis, 03 Februari 2011

The Magical Stones (Batu-Batu Ajaib)



Matahari baru saja terbenam di ufuk barat. Terlihat tiga orang pencari rumput yang sedang melintasi padang rumput sore itu.

"Satu hari lagi sudah berlalu..", kata salah seorang pencari rumput itu.
"Ya..Setiap hari kita selalu menjelajahi padang rumput ini, mencari rumput untuk ternak orang lain. Tapi kita sendiri tidak juga menjadi kaya. Kapankah semua ini berakhir ?" seorang pencari rumput lain mengeluh, tetapi tidak ditanggapi oleh temannya.

Tiba-tiba, terengar suara yang menggema begitu keras. Mereka bingung mencari sumber suara itu karena di padang rumput itu hanya ada mereka bertiga. "Kumpulkanlah sebanyak mungkin batu di karung kalian. Lalu berjalanlah sepanjang malam dengan memikul karung itu. Besok pagi, sebagian dari kalian akan bahagia dan sebagian lagi akan menyesal karena batu-batu itu" kata suara gaib itu.

"Itu pasti suara dewa !" kata si pencari rumput. "Bagaimana kita bisa membawa batu, sedangkan berjalan saja kita sudah begitu kelelahan ? " lagi-lagi si pencari rumput itu mengeluh. "Aku akan mencari batu kerikil saja, yang penting berbentuk batu, kan ?" kata salah seorang pencari rumput itu. Lalu, seorang pencari rumput yang dari tadi hanya diam saja, segera mengumpulkan batu-batu besar yang dia lihat. "Dewa mengatakan kita harus mengambil batu sebanyak-banyaknya. Meskipun sulit, akan kulakukan !" jawab si pencari rumput tadi ketika ia ditertawai oleh kedua temannya.

Setelah mengumpulkan batu, mereka bertiga mulai berjalan kearah timur sampai matahari terbit. Lalu mereka segera membuka karung itu seperti perintah suara gaib tadi. Alangkah terkejutnya si pencari rumput tadi melihat batu-batu besar yang dikumpulkan hingga sekarung penuh dan dipikulnya semalaman ternyata seluruhnya berubah menjadi berlian ! Tentu saja dua temannya yang tadi hanya mengumpulkan sedikit kerikil mendapat berlian yang sekecil kerikil pula. Akhirnya si pencari rumput itu telah menemukan kebahagiaannya dan menjadi orang kaya, sedangkan kedua temannya akhirnya hanya mendapat penyesalan dan beberapa butir berlian seukuran kerikil.

Kita tidak pernah tahu apa maksud Tuhan dibalik semua cobaan yang diberikan pada kita. Tetapi bila kita menjalaninya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, maka kelak kita akan mendapat kebahagiaan yang tak terduga.

dikutip dari buku "Chicken Soup for The Soul : Pelajaran Berharga" dengan sedikit pengubahan

Sumber: http://www.mondo-nero.blogspot.com/

Semoga dapat memberi pelajaran berharga utk kita...

1 komentar: